Tips mencegah dan mengatasi serangan jantung mendadak

Tips  mencegah dan mengatasi serangan jantung mendadak sangat perlu diketahui, karena penyakit jantung bisa terjadi kapan saja. Penyakit jantung merupakan salah satu jenis penyakit yang paling ditakuti. Mengapa? Pasalnya penyakit ini seringkali muncul tiba-tiba, bahkan tak jarang bisa langsung merenggut nyawa penderitanya. Tak heran banyak orang yang kemudian mencari cara mengatasi serangan jantung mendadak. Penyakit jantung memang tergolong kedalam salah satu jenis penyakit silent killer yang diam-diam bisa membunuh penderitanya. Resiko penyakit jantung sendiri bisa dipengaruhi oleh bermacam-macam faktor, dari mulai faktor genetik, faktor asupan makanan yang kurang sehat, dan lain-lain. Namun faktor yang paling banyak ditemui adalah dari faktor genetik. Untuk itu jika keluarga anda memiliki penyakit jantung, maka resiko anda terkena penyakit jantung juga akan lebih tinggi.

Meski demikian, ada cara mencegah dan mengatasi serangan jantung mendadak. Cara-cara ini tentunya disarankan untuk dilakukan guna menghindari terjadinya serangan jantung mendadak yang bisa membahayakan nyawa. Tips pertama ialah, waspada terhadap gejala apapun yang anda rasakan. Gejala penyakit jantung yang umum terjadi adalah adanya rasa nyeri di bagian dada, hilang kesadaran atau pingsan, jantung berdebar, mudah lelah, sesak nafas, dan pusing. Serangan jantung mendadak biasanya terjadi ketika penderita berolahraga, di mana olahraga bisa memicu meningkatkan beban pada jantung yang lemah.

Tips  mengatasi serangan jantung lain yang bisa dilakukan sebagai cara mencegah dan mengatasi serangan jantung mendadak adalah hindari stress dan jangan mudah panik. Ketika serangan jantung terjadi, coba untuk batuk dengan kuat dan panjang, seperti ingin mengeluarkan dahak. Tarik nafas dalam-dalam, kemudian batuk dengan sekuat tenaga. Mengapa harus batuk dan tarik nafas panjang? Batuk merupakan cara ampuh untuk mengembalikan denyut jantung kembali normal. Sementara  menarik nafas, bisa membantu menekan jantung agar sirkulasi darah menjadi lebih normal. Jangan panik ketika serangan jantung datang tiba-tiba, hal ini justru akan semakin membuat udara masuk keparu-paru semakin terhambat. Hubungi orang terdekat yang ada di sekitar anda sebelum anda  kehilangan  kesadaran.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *